Main Article Content

Abstract

Model pembelajaran koperatif bertujuan memotivasi mahasiswa dari sisi kerja samanya dalam menciptakan situasi dimana keberhasilan individu yang dipengaruhi oleh keberhasilan kelompok dalam mencapai tujuan rumusan pembelajaran. Sangatlah tepat apabila model pembelajatan kooperatif ini diterapkan dalam menunjang pembelajaran bahasa Arab. Penelitian lebih dominan memilih jenis metode penelitian true eksperimental design dengan menggunakan tiga tipe dalam model pembelajaran kooperatif, kemudian menganilisis dan mendeskripsikan hasil temuan di lapangan, selanjutnya menemukan tingkat dominasi dari tiga tipe dalam model pembelajaran kooperatif yang diterapkan. Implementasi model pembelajaran kooperatif Prodi Bahasa Arab STAIN Parepare sudah relatif dipergunakan, namun tidak secara prosedural dan sistemik sesuai dengan latar belakang dan tingkat keragaman kemampuan mahasiswa. Tampak adanya pengaruh hasil belajar yang mengalami peningkatan setelah menggunakan pembelajaran kooperatif, utamanya pada aspek kecenderungan motivasi dan inovasi mahasiswa untuk mengevaluasi hasil belajarnya, melalui proses dialogi (diskusi) dalam mengetahui benar dan tidaknya, cocok dan tidak cocoknya, serta mapan dan tidak mapannya nilai hasil yang diperoleh dari evaluasi hasil belajar masing,masing. Namun taraf pengembangannya, tentunya diharapkan adanya relevansi dan terjadinya pola kerjasama dalam KBM pada masing-masing mata kuliah serumpun Bahasa Arab.

Keywords

Pembelajaran kooperatif, KBM, dan Studi Bahasa Arab,

Article Details

How to Cite
Azis, S. A., Herdah, H., & Jufri, M. (2013). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA ARAB STAIN PAREPARE (Studi Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Serumpun). KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 81-102. https://doi.org/10.35905/kur.v9i1.177