Journal Description

AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Parepare sebagai wadah untuk menumbuhkan kreativitas dan dukungan kampanye di antara para akademisi, pengajar, peneliti, peneliti dan pemerhati masalah pendidikan. Jurnal ini membahas tentang pokok-pokok bahasan pendidikan Islam, baik dalam pengembangan teori, implementasi maupun pengembangan sistem pendidikan menyeluruh. Jurnal ini telah terakreditasi Sinta Ristekdikti.


ISSN 2685-6581 (Online), 1693-7449 (Cetak)

Vol 17 No 2 (2019): Pendidikan Islam Berbasis Interdisipliner

Jurnal Edisi Juli-Desember 2019, menyajikan tema dan kajian yang bersifat interdisipliner, yaitu kajian kritis terhadap sistem pendidikan dan pembelajaran dalam rumpun keilmuan pendidikan Islam. Secara empirik, pendidikan Islam masih bergelayut dengan berbagai tantangan dan masalah yang bersifat kompleks. Pada Aspek normatif dan teoretis, pendidikan Islam memberikan gagasan ideal tentang mutu pendidikan Islam sehingga dapat menjadi solutif bagi permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema yang diusung pada edisi ini yakni sistem pendidikan Islam dalam konteks visi, misi, tujuan, kurikulum, kompetensi guru, respek dan minat belajar peserta didik, desain pembelajaran pada aspek strategi, metode, dan evaluasi pembelajaran, serta kontribusi pendidikan Islam terhadap pembangunan bangsa Indonesia. Ekspektasi edisi ini dapat menambah khazanah keilmuan pendidikan Islam dan memberikan solusi atas bagian kecil dari kompleksitas masalah yang dialami pendidikan Islam kontemporer.

Published: Dec 13, 2019

View All Issues