Al-Ishlah: Jurnal Studi Pendidikan adalah jurnal pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun (enam bulanan) oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Jurnal ini menekankan pada wacana pendidikan Islam, hasil penelitian dan masalah-masalah aktual dan kontemporer yang berkaitan dengan studi pendidikan. Jurnal ini secara terbuka menerima kontribusi para ahli dari disiplin ilmu terkait.

Artikel yang dikirimkan untuk diterbitkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Naskah asli dan belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah diutamakan dari hasil penelitian empiris.
  3. Substansi tulisan berkaitan dengan isu-isu pendidikan, memiliki contribution of knowledgeyang jelas, dan mengacu pada referensi mutakhir minimal terbitan 10 tahun terakhir.
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris atau bahasa Arab desertai Abstrak Indonesia dan Inggris atau Arab.
  5. Artikel diketik 24 ptdan panjang tulisan berkisar 5.000-6.000 kata atau 15-25 halaman kuarto dan untuk review buku panjang tulisan berkisar 4.000 atau 10 halaman kuarto.
  6. Organisasi penulisan meliputi: 1) judul, 2) nama penulis (tanpa gelar), 3) instansi penulis, 4) abstrak tidak lebih dari 150 kata dengan font 10 dan ditulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, 5) keywords, 6) pengantar (pendahuluan), 7) pembahasan, 8) penutup, dan 9) daftar pustaka. Untuk artikel publikasi ilmiah (hasil penelitian), nomor (1) hingga (5) sama dengan di atas, nomor 6) pendahuluan yang membahas latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan kontribusi, 7) pembahasan dan temuan-temuan, 8) penutup, dan 9) daftar pustaka.
  7. Nama lengkap penulis harus dicantumkan bersama dengan asal perguruan tinggi atau lembaga profesional, alamat lengkap, dan alamat e-mail yang dapat dihubungi.
  8. Kutipan seluruh biografi ditulis dengan model footnote, dengan urutan:

1Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007), h. 23.

  1. Sertakan daftar pustaka pada akhir artikel anda, mengikuti contoh sebagai berikut:

Contoh referensi dari buku:

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Contoh referensi dari artikel:

Sila, Muhammad Adlin. 2001. "The Festivity of Maulid Nabi in Cikoang, South Sulawesi: Between Remembering and Exaggerating the Spirit of Prophet" Studia Islamika 8, no. 3.

Contoh referensi dari internet:

Volm Jochen. 2001. Impact of Norms and Values on Non-verbal Communication in International Bussinesshttp://www.grin.com/e-book/6756/impact-of-norms-andvalues-onnon-verbalcommunication-in-international. (Diakses pada 19 Maret 2015)

  1. Urutan daftar pustaka ditulisan secara alfabetis.
  2. Kirimkan artikel anda dalam bentuk soft copy(CD atau attached filedalam e-mail yang terformat MS Word (RTF), font Times New Roman, karakter 12.