AL-ISHLAH: Jurnal Studi Pendidikan merupakan jurnal dengan ISSN cetak 1693-7449 telah konsisten terbit secara berkala dalam dua kali setahun. Jurnal AL-ISHLAH diterbitkan oleh Jurusan Tarbiyah dan Adab STAIN Parepare sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalisme dosen, guru, tenaga pendidik dan kependidikan dalam rangka penyebarluasan ilmu pengetahuan.

FOKUS DAN KAJIAN

AL-ISHLAH: Jurnal Studi Pendidikan  Jurusan Tarbiyah dan Adab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Parepare fokus pada kajian Studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Etika Publikasi

Pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan pengarang/penulis terikat dengan etika publikasi atau kode etik ilmiah. Pernyataan kode etika publikasi ilmiah berdasarkan pada Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah, yang pada intinya Kode Etika Publikasi Ilmiah ini intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan pengarang/penulis,
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang,
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis,
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan,
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik,
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi,
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap pengarang/penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan,
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi,
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  15. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak 
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).

Tugas dan Tanggung Jawab Pengarang/Penulis

Tanggungjawab Penulis

Standar Pelaporan:

Penulis laporan artikel harus menyajikan laporan secara akurat dari pekerjaan yang telah dilakukan serta membahas mengenai tujuan dari signifikansi penelitian. Data yang mendasari harus diterangkan secara akurat pada naskah laporan penelitian. Laporan penelitian harus memuat detil dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain untuk meniru pekerjaan. Laporan yang berisikan kecurangan atau kesengajaan mengenai data yang tidak akurat merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi:

Apabila diperlukan penulis diminta untuk memberikan data mentah yang berhubungan dengan keperluan editorial. Penulis harus siap untuk menyediakan data tersebut dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Orisinalitas dan Plagiasi:

Para penulis harus memastikan bahwa karya yang ditulis sepenuhnya asli dan apabila penulis menggunakan pekerjaan dan atau kalimat dari orang lain maka harus menggunakan sitasi atau dikutip dengan benar.

Penerbitan ganda atau kesamaan konten:

Seorang penulis tidak seharusnya mempublikasikan naskah yang menggambarkan intisari penelitian yang sama pada lebih dari satu jurnal atau penerbit. Mengirimkan naskah yang sama kepada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber:

Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi atau ide yang berpengaruh dalam menentukan hakikat dari pekerjaan yang dilaporkan.

Penyusun Laporan:

Nama penulis yang dicantumkan harus dibatasi kepada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah berkontribusi secara signifikan harus terdaftar sebagai co-author. Pihak yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis utama harus memastikan bahwa co-author yang namanya tercantum dalam laporan adalah yang benar-benar layak untuk dicantumkan, dan bahwa semua co-author telah melihat dan menyetujui versi final laporan dan telah sepakat untuk mempublikasikan laporan tersebut.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah laporan mengenai setiap konflik keuangan atau konflik substantif kepentingan yang mungkin diperkirakan dapat mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah laporan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan:

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya yang diterbitkan, penulis berkewajiban untuk segera memberitahukan kepada editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki karya tersebut.

 

PEDOMAN PENULISAN

Al-Ishlah adalah jurnal akademik yang diterbitkan dua kali dalam setahun (enam bulanan) oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare. Jurnal ini menekankan pada wacana pendidikan Islam, hasil penelitian dan masalah-masalah aktual dan kontemporer yang berkaitan dengan studi pendidikan. Jurnal ini secara terbuka menerima kontribusi para ahli dari disiplin ilmu terkait.

Artikel yang dikirimkan untuk diterbitkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Naskah asli dan belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah diutamakan dari hasil penelitian empiris.
  3. Substansi tulisan berkaitan dengan isu-isu pendidikan, memiliki contribution of knowledge yang jelas, dan mengacu pada referensi mutakhir minimal terbitan 10 tahun terakhir.
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris atau bahasa Arab desertai Abstrak Indonesia dan Inggris atau Arab.
  5. Artikel diketik 24 pt dan panjang tulisan berkisar 5.000-6.000 kata atau 15-25 halaman kuarto dan untuk review buku panjang tulisan berkisar 4.000 atau 10 halaman kuarto.
  6. Organisasi penulisan meliputi: 1) judul, 2) nama penulis (tanpa gelar), 3) instansi penulis, 4) abstrak tidak lebih dari 150 kata dengan font 10 dan ditulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, 5) keywords, 6) pengantar (pendahuluan), 7) pembahasan, 8) penutup, dan 9) daftar pustaka. Untuk artikel publikasi ilmiah (hasil penelitian), nomor (1) hingga (5) sama dengan di atas, nomor 6) pendahuluan yang membahas latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan kontribusi, 7) pembahasan dan temuan-temuan, 8) penutup, dan 9) daftar pustaka.
  7. Nama lengkap penulis harus dicantumkan bersama dengan asal perguruan tinggi atau lembaga profesional, alamat lengkap, dan alamat e-mail yang dapat dihubungi.
  8. Kutipan seluruh biografi ditulis dengan model footnote, dengan urutan:

1Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007), h. 23.

  1. Sertakan daftar pustaka pada akhir artikel anda, mengikuti contoh sebagai berikut:

Contoh referensi dari buku:

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Contoh referensi dari artikel:

Sila, Muhammad Adlin. 2001. “The Festivity of Maulid Nabi in Cikoang, South Sulawesi: Between Remembering and Exaggerating the Spirit of Prophet” Studia Islamika 8, no. 3.

Contoh referensi dari internet:

Volm Jochen. 2001. Impact of Norms and Values on Non-verbal Communication in International Bussiness. http://www.grin.com/e-book/6756/impact-of-norms-andvalues-onnon-verbalcommunication-in-international. (Diakses pada 19 Maret 2015)

  1. Urutan daftar pustaka ditulisan secara alfabetis.
  2. Kirimkan artikel anda dalam bentuk soft copy (CD atau attached file dalam e-mail yang terformat MS Word (RTF), font Times New Roman, karakter 12.

 

 KEBIJAKAN AKSES TERBUKA

AL-ISHLAH: Jurnal Studi Pendidikan merupakan jurnal yang dapat diakses secara terbuka (gratis) oleh siapapun, baik untuk didownload, dibaca, diprint dan lain sebagainya, selama tidak disalah gunakan. 

POSES REVIEW

AL-ISHLAH : Jurnal Studi Pendidikan telah diterbitkan sejak 2003, sebanyak dua kali dalam setahun dalam kajian ilmu pendidikan, proses review dilakukan oleh ahli pada bidangnya yang dilakukan oleh dua reviewer sebelum dilakukan publikasi.

 

ANTI PLAGIAT

AL-ISHLAH: Jurnal Studi Pendidikan menggunakan  http://www.turnitin.com/ untuk memeriksa keaslian astikel sebelum dipublikasi.

BIAYA PUBLIKASI

AL-ISHLAH: Jurnal Studi Pendidikan tidak memungut biaya dari proses penerbitan artikel jurnal.

Creative Commons Licensing