AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya merupakan jurnal Open Access yang mempertahankan standar peer review tertinggi sekaligus meningkatkan efisiensi proses.

Semua artikel penelitian yang diterbitkan dalam AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya menjalani peer review penuh, karakteristik utamanya tercantum di bawah ini:

  1. Semua artikel penelitian direview oleh setidaknya dua ahli yang berkualifikasi sesuai dengan Blind peer review method.
  2. Semua keputusan publikasi dibuat oleh Pemimpin Redaksi jurnal berdasarkan ulasan yang diberikan.
  3. Anggota Dewan Editorial memberikan wawasan, nasihat dan bimbingan kepada Pemimpin Redaksi secara umum dan untuk membantu pengambilan keputusan pada pengajuan tertentu.
  4. Redaktur Pelaksana dan Associate Editor memberikan dukungan administratif yang memungkinkan AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya untuk menjaga integritas tinjauan sejawat sambil memberikan perputaran yang cepat dan efisiensi maksimum bagi penulis, pengulas dan editor.

 

Peer review dari makalah yang dirujuk

Dewan Redaksi AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya akan segera memutuskan apakah akan menerima, menolak atau meminta revisi atas makalah yang direferensikan berdasarkan review dan wawasan editorial. Selain itu, Editor akan memiliki opsi untuk mencari tinjauan tambahan bila diperlukan. Penulis akan diberi tahu saat Editor memutuskan tinjauan lebih lanjut diperlukan.